Wisata

Candi di Berbah: Menyingkap Keindahan Harta Karun Peninggalan Sejarah yang Tersembunyi

Candi di Berbah: Menyingkap Keindahan Harta Karun Peninggalan Sejarah yang Tersembunyi – Di tengah pesona Yogyakarta yang kaya akan warisan budaya, terdapat sebuah tempat yang masih tersembunyi dan jarang diketahui oleh banyak orang. Candi di Berbah, sebuah lokasi yang jarang diketahui oleh banyak orang, ternyata menyimpan kekayaan sejarah yang menakjubkan di tepian Yogyakarta.

Bagi Anda yang tertarik mencari informasi tentang jumlah candi di Berbah secara lengkap, artikel ini akan mengungkapkan pengetahuan yang akurat dan mudah dipahami mengenai keberadaan candi-candi yang tersembunyi di kawasan tersebut.

 

<yoastmark class=

 

  • Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu candi paling terkenal di dunia. Meskipun terletak di dekat Candi di Berbah, lokasi ini tidak termasuk dalam wilayah administratif Berbah. Candi Prambanan memiliki arsitektur yang megah dan dihiasi dengan relief-relief indah yang menceritakan kisah Ramayana.

  • Candi Kalasan

Terletak sekitar 3 kilometer di sebelah timur Candi Prambanan, Candi Kalasan adalah candi Buddha yang berusia lebih dari 1.200 tahun. Candi ini menampilkan keindahan arsitektur Buddha dengan aksara dan relief yang menggambarkan ajaran-ajaran Buddha.

Baca Juga: Tempat Wisata Desa Berbah – Surga Tersembunyi untuk Pecinta Alam dan Budaya

  • Candi Sari

Candi Sari adalah candi yang tersembunyi di tengah hutan dan berjarak sekitar 500 meter dari Candi Kalasan. Candi yang merupakan tempat peribadatan bagi keluarga kerajaan Mataram Kuno. Saat ini, sebagian besar bangunan candi telah rusak, namun beberapa bagian bangunan dan relief masih dapat dilihat.

  • Candi Plaosan

Terletak sekitar 1 kilometer di sebelah timur Candi Prambanan, Candi Plaosan adalah kompleks candi Buddha dan Hindu yang unik. Candi ini terdiri dari dua candi utama, yakni Candi Plaosan Lor (Utara) dan Candi Plaosan Kidul (Selatan), serta beberapa candi kecil di sekitarnya. Keindahan arsitektur dan ornamen yang masih terjaga membuat Candi Plaosan menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

  • Candi Sewu

Meskipun secara administratif berada di wilayah Prambanan, Candi Sewu tetap menjadi bagian penting dalam eksplorasi candi di sekitar Berbah. Candi ini merupakan kompleks candi Buddha terbesar di Indonesia dengan lebih dari 250 candi kecil yang tersebar di area seluas 2.800 meter persegi.

Baca Juga: Wisata Keluarga di Jogja – Keindahan Tersembunyi di Jogja

  • Candi Barong

Terletak di desa Pendowoharjo, Candi Barong adalah salah satu candi kecil yang tidak diketahui banyak orang. Candi ini memiliki gaya arsitektur Hindu dengan relief yang menggambarkan tokoh-tokoh mitologi Hindu.

Dalam mengeksplorasi keindahan candi-candi di Berbah, perlu diingat bahwa beberapa candi mungkin mengalami kerusakan atau belum sepenuhnya dipugar. Namun, keunikan dan keindahan arsitektur serta cerita di balik setiap candi tetap menarik untuk diungkap.

Dengan demikian, Anda kini memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang candi-candi di Berbah yang tersembunyi. Jelajahi keajaiban sejarah ini dan nikmati pesona budaya yang terkandung di setiap candi.

toko online murah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button