Berita Kota

Karnaval Budaya Kampung Menari Gondokusuman Menjadi Cara Melestarikan Budaya

Karnaval Budaya Kampung Menari Gondokusuman | Para warga Kampung Menari yang berada di KalurahanBaciro daerah Gondokusuman melaksanakan karnaval budaya di hari Minggu, 1 Oktober 2023.

Acara karnaval budaya Kampung Menari Gondokusuman ini menarik banyak sekali perhatian dari publik. 

Karnaval Budaya Kampung Menari Gondokusuman

Pasalnya kegiatan karnaval budaya yang diadakan di Gondokusuman ini tidak hanya menghadirkan pakaian adat yang khas namun juga memiliki banyak sekali susunan acara.

Acara ini juga dimeriahkan oleh Sendra Tari yang mengambil tema “Sejarah Kampung Gendeng”.

Hal unik yang ada pada kegiatan karnaval budaya kali ini adalah jalan sehat yang diikuti oleh para warga dengan tetap menggunakan pakaian unik mereka.

Selain itu kegiatan yang juga diprakarsai oleh Bapak Bambang Anjar Jalumurti ini berjalan sangat meriah.

Baca Juga : Amara Florist UMKM Binaan Kangmase: Inspirasi Kesuksesan dalam Penjualan Online: 0823-3125-6675

Setelah jalan sehat selesai dilanjut dengan penampilan menarik lain seperti Reog Jatbil, Seni Tari kreasi dari para peserta lomba, Akustik Band, dan yang paling di tunggu-tunggu adalah gebyar UMKM.

Dimana para pelaku UMKM sekitar Gondokusuman berkumpul untuk menunjukkan produk unggulan mereka. 

Dengan adanya kegiatan lomba Kampung Menari ini tidak hanya membuat banyak warga dan juga generasi muda lebih berusaha untuk meestarikan budaya Jawa yang ada di Jogja namun juga membantu para pelaku UMKM untuk semakin berkembang dan juga membantu perekonomian daerah.

Acara karnaval budaya Kampung Menari Gondokusuman yang sangat meriah ini ditutup dengan pemberian doorprize oleh Bapak Bambang Anjar Jalumurti yang ahdir dan juga ikut memeriahkan acara tersebut.

Tidak hanya melihat namun beliau juga ikut andil dalam segala persiapan bahkan juga ikut memeriahkannya dengan mengikuti jalan sehat yang merupakan serangkaian kegiatan acara ini. 

Baca Juga : Sejarah Kraton Yogyakarta Jantung Kebudayaan dan Sejarah Indonesia

“Dengan ini diharapkan tidak hanya budaya yang semakin mendarah daging di dalam diri kita sebagai masyarakat berbudaya, namun setiap kegiatan yang kita lakukan harus bisa bermanfaat untuk orang lain contohnya dengan membantu para pelaku UMKM memperkenalkan produk mereka dan juga membelinya dalam rangka mencintai produk buatan saudara kita” Ucap Pak Bambang dalam acara tersebut.

Beliau juga berharap dengan adanya acara seperti ini, tak hanya generasi muda yang lebih memperhatikan budaya namun juga menumbuhkan jiwa sosial dan saling membantu yang sudah mulai pudar dari generasi muda saat ini.

Diharapkan juga jika acara yang bermanfaat seperti ini bisa berlangsung setiap tahun dan menjadi kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan tidak hanya di Gondokusuman namun diseluruh penjuru Yogyakarta. 

toko online murah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button