Berita Kota

Joglo Kawruh Menjadi Narasumber Bersama Dinas Pariwisata dan R.B. Dwi Wahyu Dalam Sosialisasi Bersama UMKM

Yogyakarta, 8 Desember 2023Joglo Kawruh menjadi narasumber bersama dengan Dinas Pariwisata.

Dalam rangka mendukung perkembangan sektor pariwisata di tingkat lokal, Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Joglo Kawruh menyelenggarakan pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Wirobrajan, Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan di Balai RW Wirobrajan pada tanggal 5 Desember lalu.

Dinas Pariwisata & R.B. Dwi Wahyu Bersama Joglo Kawruh
Dinas Pariwisata & R.B. Dwi Wahyu Bersama Joglo Kawruh

Tujuan dari Joglo Kawruh menjadi narasumber bersama Dinas Pariwisata ini adalah mengajak para pelaku UMKM untuk lebih menonjolkan potensi wisata di desa mereka melalui kehadiran mereka di media digital, terutama melalui Google Maps. Dengan cara ini, diharapkan pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal dapat meningkat secara merata.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah

Joglo Kawruh, yang dipercaya menjadi salah satu pembicara utama dan instruktur dalam kegiatan ini, turut serta membagikan pengetahuan dan praktik terbaiknya.

Fokus utama dari sesi pelatihan adalah pembuatan dan manajemen Google My Business atau Google Maps.

Edi Budiyanto, sebagai pembicara utama, memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya keberadaan UMKM di platform digital.

“Melalui Google Maps, kita tidak hanya memperluas jangkauan audiens potensial, tetapi juga membantu memperkenalkan keindahan dan potensi wisata yang dimiliki desa kita,” ungkap Edi

Instruktur dari Joglo Kawruh, yang terdiri dari Lecia Alvy Aulya, Dewi Suryandari, Erna Setiani S.AK, dan Ummu Nabila Zahra, secara langsung mempraktekkan cara membuat dan mengelola Google My Business.

Baca Juga : R.B Dwi Wahyu B., S.Pd., M.Si., Selanggarakan Sosialisasi untuk Mendorong Kesejahteraan UMKM Bersama Dinas Koperasi

Mereka memberikan panduan langkah demi langkah untuk memastikan keberadaan UMKM di Google Maps dan penampilannya di halaman pencarian Google.

Peserta pelatihan memberikan respon positif atas kegiatan ini. Mereka merasa mendapatkan pengetahuan yang berharga dan keterampilan praktis yang dapat segera mereka terapkan dalam mengembangkan bisnis mereka melalui platform digital.

Kegiatan ini tidak hanya memperkuat sinergi antara sektor UMKM dan pemerintah, tetapi juga membuka peluang baru untuk mengangkat potensi pariwisata di tingkat desa.

Dinas Pariwisata & R.B. Dwi Wahyu Bersama Joglo Kawruh mengharapkan, melalui digitalisasi, UMKM dapat bersaing lebih baik dan memberikan kontribusi lebih besar pada pertumbuhan ekonomi lokal.

toko online murah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button