Berita Kota

Pembentukan Karakter Pemuda Kreatif: Ciri-ciri dan Tahap Membangun Karakter Anak Muda

Karakter pemuda kreatif adalah hal yang sangat penting dalam mengembangkan generasi muda yang tangguh dan berpotensi. Anak muda memiliki peran kunci dalam membentuk masa depan masyarakat, dan membangun karakter yang kuat menjadi fondasi yang mendasar. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi ciri-ciri karakter anak muda dan tahap-tahap yang terlibat dalam pembentukan karakter pemuda dengan Jiwa kepemimpinan dari pemikiran Seorang Susilo Nugroho.

Ciri-ciri Karakter Anak Muda:

  1. Kreativitas: Salah satu ciri utama karakter anak muda adalah kreativitas. Mereka memiliki kemampuan untuk berpikir di luar batas-batas yang sudah ada, menghasilkan ide-ide baru, dan menemukan solusi inovatif untuk masalah yang dihadapi.
  2. Kemandirian: Anak muda yang memiliki karakter kuat biasanya memiliki tingkat kemandirian yang tinggi. Mereka dapat mengambil inisiatif, mengelola waktu dan tanggung jawab mereka sendiri, serta memiliki motivasi yang intrinsik untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional mereka.
  3. Etika kerja yang baik: Karakter anak muda yang kuat juga tercermin dalam etika kerja yang baik. Mereka memiliki integritas, disiplin, ketekunan, dan tanggung jawab yang tinggi dalam menjalankan tugas dan kewajiban mereka.
  4. Jiwa kepemimpinan: Anak muda yang memiliki karakter yang kuat sering kali memiliki jiwa kepemimpinan yang berkembang. Mereka mampu mempengaruhi orang lain dengan cara yang positif, mengambil inisiatif dalam situasi yang menuntut, dan memimpin dengan contoh yang baik.
  5. Empati dan kerjasama: Karakter anak muda yang berkualitas juga mencakup kemampuan untuk bersikap empati terhadap orang lain dan bekerja secara kolaboratif dalam tim. Mereka memiliki kemampuan untuk mendengarkan, memahami perspektif orang lain, dan berkontribusi dalam mencapai tujuan bersama.

Baca Artikel Tentang Posyandu Lansia di Padukuhan Tegal

Tahap-tahap Membangun Karakter Anak Muda:

  1. Identifikasi Nilai Inti: Tahap pertama dalam membentuk karakter anak muda adalah mengidentifikasi nilai-nilai inti yang ingin mereka anut. Nilai-nilai ini mencakup prinsip moral, etika, dan keyakinan yang menjadi dasar perilaku mereka.
  2. Pendidikan dan Pemodelan: Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter anak muda. Melalui pendidikan formal dan informal, mereka dapat belajar tentang nilai-nilai yang diinginkan dan melihat contoh-contoh positif dalam masyarakat dan lingkungan mereka.
  3. Pengalaman dan Refleksi: Pengalaman hidup membentuk karakter anak muda. Melalui pengalaman dan refleksi atas pengalaman tersebut, mereka dapat menggali lebih dalam tentang nilai-nilai yang ingin mereka pegang teguh dan mengatasi tantangan moral atau etika yang mungkin dihadapi.
  4. Pembinaan Diri: Tahap ini melibatkan upaya aktif anak muda untuk mengembangkan karakter mereka sendiri. Mereka dapat melakukan latihan mandiri, seperti membaca buku inspiratif, mengikuti kursus atau pelatihan yang relevan, atau mencari mentor yang dapat membimbing mereka dalam perjalanan pembentukan karakter.
  5. Konsistensi dan Pengembangan Berkelanjutan: Membangun karakter adalah proses yang berkelanjutan. Anak muda perlu mempertahankan konsistensi dalam perilaku dan keputusan mereka, serta terus mengembangkan karakter mereka melalui pengalaman dan pembelajaran tambahan.

Membentuk karakter anak muda yang kuat adalah investasi jangka panjang untuk masa depan masyarakat. ujar Bapak SUsilo

Dengan ciri-ciri seperti kreativitas, kemandirian, etika kerja yang baik, jiwa kepemimpinan, dan kemampuan kerjasama, anak muda akan menjadi agen perubahan yang positif di dalam komunitas mereka. Melalui tahap-tahap pembentukan karakter yang meliputi identifikasi nilai inti, pendidikan dan pemodelan, pengalaman dan refleksi, pembinaan diri, serta konsistensi dan pengembangan berkelanjutan, anak muda dapat membangun karakter yang kuat dan menghadapi masa depan dengan percaya diri.

Sebagai anggota DPRD Kabupaten dari Fraksi PDI Perjuangan, Susilo Nugroho SIP fokus pada pembentukan karakter anak-anak muda melalui kegiatan olahraga. Harapannya, anak-anak muda di Kabupaten Sleman memiliki jiwa sportivitas, pantang menyerah dan kerja keras. ”Anak-anak muda ini nantinya akan jadi penerus bangsa. Pembentukan karakter harus dilakukan sejak masih muda. Salah satu yang saya lakukan adalah melalui kegiatan olahraga,” kata Susilo, Selasa (23/5). Mengapa olahraga, menurut Susilo, dengan kegiatan olahraga akan mudah untuk mengumpulkan anak-anak muda. Melalui kegiatan olahraga itu bisa untuk mendidik karakter anak-anak muda. ”Olahraga itu akan mendidik anak-anak muda untuk bekerja keras, sportivitas, pantang menyerah, kerjasama. Dari situlah akan terbentuk karakter yang baik,” ujarnya. Dalam kegiatan itu, Susilo menghidupkan olahraga di tiap-tiap padukuhan di wilayah Berbah dan sekitarnya seperti bola voli, tenis meja, badminton, catur dan senam. Dengan olahraga itu untuk mendidik anak-anak aktif dalam kegiatan yang positif. ”Saya  menghidupkan olahraga di padukuhan supaya anak-anak mudanya mau berlatih bola voli, badminton maupun tenis meja.

Harapannya dengan olahraga itu bisa mencegah kegiatan negatif seperti klithih dan lainnya,” ucap mantan Lurah Tegaltirto dua periode tersebut.  Tak hanya menghidupkan kegiatan olahraga saja, namun Susilo memberikan bantuan sarana dan prasarana olahraga seperti perbaikan lapangan, bantuan bola, net, lampu lapangan dan lainnya. Bahkan juga sering mendatangkan pelatih badminton maupun tenis meja untuk melatih anak-anak muda. ”Supaya anak-anak muda lebih bersemangat dalam berlatih, saya berikan bantuan sarana dan prasarana olahraga. Terkadang saya juga mendatangkan pelatih agar mereka bisa berprestasi,” kata Anggota Komisi C ini. Untuk meningkatkan prestasi anak-anak muda, pihaknya mengadakan kejuaraan bola voli Susilo Cup dan tenis meja Susilo Cup. Kejuaraan itu diadakan antarpadukuhan di wilayah Berbah. ”Turnamen ini hanya memotivasi anakanak muda untuk terus berlatih dan meraih prestasi.

Selain itu juga mencari bibit unggul yang harapannya nanti bisa ikut dalam Porkab maupun Porda,” pungkas Susilo.

toko online murah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button