Berita Kota

Pemda DIY: Dua Karya Pemda Penilaian Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB

Pemda DIY: Dua Karya Pemda Penilaian Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB – Yogyakarta, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menunjukkan prestasinya dalam mendorong inovasi dan peningkatan pelayanan publik. Dua karya dari DIY berhasil lolos penilaian dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Penilaian yang ketat dilakukan untuk memilih inovasi-inovasi terbaik yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Salah satu inovasi yang mendapatkan apresiasi adalah program “E-Samsat DIY”. Program ini adalah bentuk upaya pemda DIY untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Dengan menggunakan aplikasi E-Samsat DIY, masyarakat dapat membayar pajak kendaraan secara online tanpa harus mengunjungi kantor Samsat secara langsung. Kegiatan penilaian dilakukan secara daring oleh tim penilai dari Kemenpan RB, yang menyaksikan presentasi program ini secara langsung melalui video conference.

Pemda DIY
Pemda DIY

 

  • Tanggapan Kepala Dinas Pendapatan Daerah DIY

Kepala Dinas Pendapatan Daerah DIY, Bapak Suryo Prabowo, menyampaikan, “Kami sangat bangga dengan pencapaian ini. Program E-Samsat DIY adalah hasil kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Dinas Pendapatan Daerah, dan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah DIY. Tujuan utamanya adalah memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan. Dengan adanya layanan ini, kami berharap dapat mengurangi antrian dan meminimalisir potensi penyimpangan di kantor Samsat.”

Selain itu, inovasi kedua yang mendapatkan apresiasi adalah program “Dokter Masuk Desa”. Program ini merupakan upaya Pemda DIY dalam meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat di daerah terpencil. Dalam program ini, tim medis, yang terdiri dari dokter dan perawat, dikirim langsung ke desa-desa yang sulit dijangkau oleh fasilitas kesehatan. Mereka memberikan pemeriksaan kesehatan gratis, konsultasi medis, dan memberikan penyuluhan tentang pola hidup sehat kepada masyarakat desa.

Baca Juga: Berita Wisata Berbah Terbaru – Keajaiban Alam di Pinggiran Jogja yang Menakjubkan

Bapak Agus Priyono, salah satu warga desa yang telah menerima layanan dari program “Dokter Masuk Desa”, mengatakan, “Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah DIY atas program ini. Sebelumnya, kami sulit mengakses layanan kesehatan karena jarak yang jauh dan akses yang terbatas. Dengan adanya program ini, kami dapat dengan mudah mendapatkan pemeriksaan dan konsultasi medis tanpa harus pergi ke kota. Ini benar-benar membantu masyarakat desa seperti kami.”

  • Pengumuman hasil penilaian kompetisi

Pengumuman disampaikan langsung oleh Menteri PANRB, Bapak Tjahjo Kumolo, dalam sebuah konferensi pers. Beliau menyampaikan, “Saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta atas keberhasilan dua inovasi yang mereka usulkan. Ini adalah bukti nyata bahwa Pemda DIY memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan pelayanan publik dan mendorong inovasi. Semoga inovasi-inovasi ini dapat diadopsi oleh daerah lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.”

Baca Juga: Royal Orchestra Rare Rumpaka Pagelaran Musik dengan Balutan Adat Jawa

Keberhasilan DIY dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik. Dengan menggunakan teknologi dan pendekatan yang efektif, Pemda DIY telah mampu memperluas akses dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa inovasi dan kolaborasi adalah kunci dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih baik dan pelayanan publik yang unggul.

toko online murah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button