Wisata

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Masuk Bucket List

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Masuk Bucket ListBerbicara tentang wisata, Yogyakarta pasti menjadi salah satu tempat yang terbesit diingatan kita. Banyak sekali daya pikat wisata yang ditawarkan di salah satu provinsi di pulau Jawa ini, seperti wisata sejarah, wisata edukasi, wisata budaya, wisata kuliner dan yang paling menonjol adalah wisata alam. Salah satu tempat wisata di Jogja berbasis alam yang patut dikunjungi adalah Pantai Kukup.

Pantai kukup berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Dari segi lokasi, pantai ini berdekatan dengan beberapa pantai indah lain yang juga berlokasi di Gunung Kidul. Oleh karena itu, kamu bisa mengunjungi beberapa pantai dalam satu hari tanpa menghabiskan banyak waktu untuk perjalanan. 

Tempat WIsata di Jogja
Tempat WIsata di Jogja

Bagaimana nuansa di salah satu tempat wisata di Jogja ini? Begitu sampai di Pantai Kukup, kamu akan langsung disuguhi dengan pemandangan laut yang menakjubkan. Garis pantainya panjang dan luas, sehingga kamu bisa menikmati berjalan-jalan di atas pasir pantai sepuasnya.

Pasir di Pantai Kukup berwarna putih dan bertekstur lembut. Saat air surut, kamu bisa melihat hewan-hewan laut kecil. Pantai ini juga dikelilingi oleh perbukitan yang indah. Selain itu, ada juga karang besar yang di sisi selatan yang bisa dijadikan objek foto. Di sisi timur juga ada pulau karang besar dan tinggi, yang bisa diakses melalui sebuah jembatan. 

Apa saja sih yang bisa kita lakukan di Pantai Kukup?

Berjalan-jalan di sekitaran pantai adalah hal yang paling umum untuk dilakukan. Kamu bahkan nggak perlu memakai alas kaki saat berjelajah karena tekstur pasir yang lembut dan tidak akan menggores kaki. Tapi, kalau mau berjalan-jalan menjelajahi karang-karang kecil saat air surut harus pakai alas kaki ya.. karena permukaan karang cukup kasar jadi berisiko melukai kaki kamu.

Baca Juga : Sejarah Candi Banyunibo Jogja, Peninggalan Bersejarah Mataram Kuno

Kalau kamu lebih tertarik menikmati pemandangan dengan duduk-duduk, di sana banyak yang menawarkan jasa penyewaan tikar dan payung. Jadi kamu bisa duduk santai dan menikmati pemandangan serta hawa sejuk lautan.

Di sekitaran pantai juga ada penjual-penjual layangan. Jika kamu tertarik untuk bermain layangan, kamu bisa membelinya dan memanfaatkan angin laut untuk menerbangkannya. Tentu ini akan lebih menarik, karena biasanya kita hanya menerbangkan layangan di lahan luas seperti lapangan atau sawah kering. Sedangkan di pantai ini, dapat bersanding dengan langit luas tanpa terhalang bangunan dan disertai pemandangan laut yang indah.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, di Pantai Kukup ada satu pulau karang besar yang bisa dijangkau dengan akses jembatan. Di sini, kamu bisa berswafoto di jembatan itu dari ketinggian dengan latar pemandangan pantai yang indah.

Baca Juga : Wisata Petualangan di Jogja, Menikmati Adrenalin dengan ATV dan MOB Adventure

Di pulau karang itu juga ada gardu pandang. Gardu pandang ini adalah tempat terbaik untuk memanjakan mata, terutama saat matahari terbenam yang menyajikan warna eksotis di langit sore. Pantai-pantai terdekat pun juga dapat terlihat dari gardu ini, seperti Pantai Baron. Pemandangan mercusuar dari pantai baron ini pun juga dapat terlihat dengan jelas. 

Bila kamu ingin berfoto-foto dan mendapat hasil yang bagus tapi hanya berbekal kamera ponsel yang kurang memadai, hal itu tidak perlu dirisaukan. Sebab, di Pantai Kukup ada fotografer keliling yang alat-alatnya sudah memadai. Harganya pun cukup terjangkau. Bahkan biasanya masih bisa ditawar lebih rendah lagi. 

Tidak perlu khawatir kalau kamu merasa lapar karena di Pantai Kukup ada beberapa tempat makan yang menyediakan olahan hasil laut, seperti ikan goreng, ikan bakar, cumi asam manis dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga penjual-penjual yang menyediakan dagangan oleh-oleh seperti peyek undur-undur, peyek udang, udang goreng, undur-undur goreng dan lain-lain. 

Tempat wisata di Jogja ini dapat diakses dengan cukup mudah, hanya saja memang terbilang jauh dari pusat kota. Akses jalan yang tersedia juga sudah bagus dan luas. Baik mobil maupun motor dapat menempuh jalur ini. Dari pusat kota, Pantai Kukup dapat dijangkau dengan melalui Jalan Nasional III dengan jarak sekitar 58 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Baca Juga : Wisata Jogja Populer 2023

Tidak perlu bingung apabila kamu tidak membawa kendaraan pribadi, karena di Jogja banyak penyedia sewa kendaraan bermotor baik motor maupun mobil, bahkan mereka juga menyediakan drivernya sekaligus. Kamu bisa menyewa sesuai kebutuhan kamu, apakah ingin berkendara sendiri atau diantar driver, apakah hanya setengah hari atau seharian full, semua bisa kamu tentukan sendiri.

Jika dilihat dari jarak waktu, tentu kita perlu berpikir berulang-ulang apabila ingin mampir mengunjungi tempat wisata di Jogja yang lain. Tapi tidak perlu khawatir, karena disekitar Pantai Kukup juga terdapat obyek-obyek wisata lain yang tak kalah memanjakan mata.

Ada Pantai Porok yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari Pantai Kukup. Ada juga Pantai Baron yang hanya memerlukan waktu sekitar 5-10 menit dari Pantai Kukup. Jadi, kamu tidak akan membuang-buang waktu untuk menempuh jarak jauh demi mengunjungi tempat wisata lain.

Jika kamu terlalu lelah untuk kembali ke pusat kota, kamu bisa tinggal di beberapa tempat di sekitar Pantai Kukup ini. Ada Inessya Resort yang hanya berjarak 5 menit dari Pantai Kukup. Fasilitas dari resort ini cukup lengkap. Ada Wi-Fi, AC, Televisi dan shower untuk mandi. Harga per malamnya sebesar Rp1.673.000,00.

Apabila dirasa membengkakkan bujet, bisa juga memilih penginapan yang harganya sewanya lebih terjangkau seperti Hotel Kukup Indah dan Homestay Barokah. Harga sewa keduanya dimulai dari kisaran Rp100.000,00 per malam. Hanya saja fasilitasnya cukup pas-pasan. Meski begitu, jarak keduanya juga hanya sekitar 5-10 menit dari pantai, dan lokasinya sangat strategis.

Jagi gimana, cukup menarik kan Pantai Kukup ini? Meski jauh dari pusat kota, salah satu tempat wisata di Jogja ini sangat ‘worth’ untuk dikunjungi.

toko online murah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button