Tegaltirto

Tradisi Momong Pedet Tegaltirto Upacara Dawetan yang Perlu Dilestarikan

Tradisi Momong Pedet Tegaltirto Upacara Dawetan yang Perlu DIlestarikan – Pada tanggal 27 Agustus 2023 tepatnya pada jam 08.00 WIB, para peternak sapi yang tergabung dalam kelompok peternak dengan nama Andini Mulyo mengadakan upacara adat ini untuk beberapa momentum penting bagi mereka.

Kelompok peternak Andini Mulyo sendiri sudah mulai berdiri dari tahun 1996 yang awalnya hanya beranggotakan 30 orang saja. Saat ini peternak yang tergabung dalam kelompok Andini Mulyo sudah ada 80 orang lebih. 

tradisi momong pedet tegaltirto
Tradisi Momong Pedet Tegaltirto

Dengan total sapi sebanyak 135 ekor, komunitas Andini Mulyo kali ini melaksanakan tradisi momong pedet Tegaltirto dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan yang ada dan juga berbagi kepada masyarakat serta membagikan hasil kepada hewan ternak mereka.

“Seperti yang kita tau, sapi disini semuanya berusaha menjaga anaknya dan juga membesarkan anaknya dengan baik, maka tradisi dawetan ini adalah tradisi untuk mengapresiasi mereka para sapi sebagai makhluk tuhan dan juga membagikan apa yang sudah kami dapatkan dari mereka agar mereka juga bisa merasakan hasil jerih payahnya” ucap dari kepala kelompok peternak sapi Andini Mulyo

Baca Juga : Oleh-oleh Khas Desa Berbah | Keripik Singkong

Selain untuk melaksanakan tradisi momong pedet Tegaltirto ini, momentum kedua adalah untuk merayakan ulang tahun dari kelompok Andini Mulyo yang ke 27 tahun dan juga merayakan ulang tahun kemerdekaan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 78.

Tradisi momong pedet Tegaltirto ini dimulai dengan sandiwara yang dilakukan oleh pengurus dari kelompok Andini Mulyo yang membawa beberapa makanan dalam tampah. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan doa dari Bapak Jupri yang memerankan sosok Mbah Kawung pada saat itu.

Dalam pelestarian budaya ini juga dihadiri langsung oleh Lurah Tegaltirto yaitu Bapak Sarjono beserta dengan jajaran staf  DInas Peternakan dari UPT Berbah.

Tradisi Momong Pedet Tegaltirto
Tradisi Momong Pedet Tegaltirto

Dalam sambutan lurah juga disampaikan beberapa pesan kepada para peternak agar bisa seterusnya melangsungkan tradisi ini dan juga terus semangat dalam mengembangkan kelompok ternaknya.

“Saya harap para bapak ibu yang tergabung dalam kelompok ternak Andini Mulyo bisa setiap tahunnya melakukan tradisi ini, untuk melestarikan budaya dan juga menjadi percontohan kepada para peternak lain bahwa peternakan juga bisa menjadi sebuah desa wisata yang menarik” Ucap Lurah Tegaltirto

“Diharapkan kepada para generasi muda juga tetap mengingat budaya-budaya yang ada dan juga berusaha untuk mempelajarinya dari generasi sepuh yang selalu berusaha untuk membuat beberapa acara tradisi, dan diharapkan juga kelompok ternak Andini Mulyo bisa semakin sukses dan juga bisa semakin besar lagi” Ucap Bapak Jupri.

Baca Juga : Kesenian Tradisional Yogyakarta yang Penuh Pesona dan Keunikan

Selain itu dalam acara ini disampaikan juga oleh Bapak Jupri dalam wawancara eksklusif bersama tim Berbah News bahwa sapi yang ada di peternakan Andini Mulyo memiliki beberapa treatment yang berbeda dari sapi yang lain, dengan tujuan untuk menggemukkan dan juga menyehatkan induk sapi agar bisa menghasilkan anak yang berkualitas.

toko online murah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button