UncategorizedWisata

Wisata Candi Banyunibo Jogja yang Menyegarkan Mata

Wisata Candi Banyunibo Jogja yang Menyegarkan Mata – Apabila berbicara tentang situs-situs sejarah di Yogyakarta, pasti yang terletak di pikiran masyarakat adalah Candi Prambanan. Padahal, masih banyak lagi situs sejara di provinsi yang kental akan budaya ini, seperti Candi Banyunibo. Tak hanya melihat-lihat candi, di kawasan Candi Banyunibo, pengunjung bisa melakukan satu aktivitas yang jarang atau bahkan mungkin tak dimiliki oleh kawasan candi lain. Kegiatan itu adalah Jemparingan. 

Jemparingan diambil dari bahasa Jawa yang berarti panahan. Bedanya dengan panahan yang biasa dilakukan oleh orang-orang, jemparingan yang merupakan panahan khas Mataram Jawa ini memiliki ciri khas, yaitu memakai pakaian adat Jawa. Jadi, jangan heran bila kamu menjumpai orang yang sedang melakukan kegiatan panahan namun memakai baju adat Jawa di sekitaran wisata Candi Banyunibo Jogja. Itulah yang namanya Jemparingan.

Wisata Candi Banyunibo Jogja
Wisata Candi Banyunibo Jogja

Salah satu tujuan adanya jemparingan di Candi Banyunibo adalah untuk meningkatkan daya tarik wisatawan agar mendengar tentang keberadaan dan meningkatkan pengunjung candi ini. Hal ini dikarenakan candi ini memang kurang populer dibanding candi-candi besar seperti Prambanan. 

Meskipun aktivitas ini belum diketahui banyak orang, beberapa komunitas tak gentar untuk memperkenalkan jemparingan yang tentunya juga akan sekaligus mengangkat nama Candi Banyunibo.

Bahkan, mereka juga mengadakan event-event atau kejuaraan. Selain itu, mereka juga memfasilitasi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas jemparingan di luar event atau kejuaraan dengan cara menyewakan alat-alat seperti busur dan anak panah. Tak lupa, baju adat Jawa yang menjadi ciri khas jemparingan juga mereka sewakan.

Pengunjung hanya perlu membayar Rp.100.000,00 untuk dapat bermain jemparingan. Tidak hanya fasilitas-fasilitas yang tadi sudah disebutkan, Rp100.000,00 juga sudah termasuk dengan instruktur jemparingan. Sangat menarik, bukan?

Baca Juga : Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Masuk Bucket List

Selain jemparingan, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas-fasilitas lain yang ada di Candi Banyunibo seperti, berfoto dengan latar candi dan pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Atau bisa juga berfoto dengan latar tebing yang menjulang tinggi yang disekitarnya juga terdapat pepohonan-pepohonan yang asri.

Ada juga pendopo-pendopo di sekeliling area Candi Banyunibo. Pengunjung bisa beristirahat apabila merasa lelah, atau hanya sekedar untuk duduk-duduk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar dan udara sejuk. Tak perlu khawatir apabila anda ingin mengisi perut, karena di area sekitar candi juga terdapat warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman.

Baca Juga : Ayam Ingkung Jogja Wisata Kuliner

Wisata Candi Banyunibo Jogja memang tak seterkenal dan semegah Candi Prambanan atau Candi Borobudur, tetapi pesonanya tak kalah dari kedua candi tersebut. Jadi, tunggu apalagi? Cobalah untuk berkunjung ke Candi Banyunibo untuk mendapatkan pengalaman wisata yang unik dan tentunya menyenangkan. 

toko online murah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button